Senin, 22 Oktober 2018

Pemasangan papan ikrar wakaf IPAL KOMUNAL

Tempel (KUA) Ada yang berbeda dalam pemasangan papan tanah wakaf yang dilaksankan oleh Penyelenggara Syariah bidang wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Pada hari Kamis (18/10), yaitu yang biasanya wakaf hanya seputaran tempat ibadah masjid, musholla atau madrasah pondok pesantren dan sejenisnya, maka di kecamatan Tempel ada sebidang tanah wakaf yang diperuntukkan untuk IPAL komunal yang bertempat di Padukuhan Kadirojo Margorejo Tempel.


Tanah Wakaf yang diperuntukkan IPAL Komunal di Kadirojo Margorejo Tempel

Ketika dikonfirmasikan kepada staf penyelenggara Binsyar yang membidangi wakaf pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Bapak Margono, S.HI,  yang berada di lokasi pada saat pemasangan plang atau papan nama wakaf didampingi Bapak R. Dwinta Sudibya staf KUA Kecamatan Tempel yang membidangi wakaf membenarkan hal tersebut.




























Lalu ketika ditanya apa IPAL itu? Dipergunakan untuk apa tanah wakaf itu?, Beliau menjelaskan bahwa IPAL Komunal (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) Komunitas adalah pengolahan limbah seperti limbah Rumah tangga, WC atau yang lainnya yang digunakan secara bersama sama oleh warga. Limbah-limbah dari rumah rumah warga dialirkan melalui jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan  Unit pengolah limbah tersebut sangat bermanfaat, sehingga yang awalnya limbah tersebut berbahaya bagi lingkungan, diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena selain aman bagi kesehatan masyarakat, limbah yang terolah bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan.
Ini merupakan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Sleman, penggunaan Tanah Wakaf untuk kepentingan umum selain tempat Ibadah, terangnya.

































Selain memasang papan ikrar wakaf di IPAL komunal tersebut, pada hari yang sama dipasang papan ikrar di empat titik yang lain di wilayah kecamatan Tempel. Yaitu  Masjid Al Huda, yang beralamat di Nglengkong Kidul, Sumberejo, Musholla At Taqwa dan Paud di Tegal Domban Margorejo, Masjid Bustanul Arifin T, dan Masjid Al Ikhlas di Padukuhan Tempel Lumbungrejo.(arf/whd.kua.tpl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar