Selasa, 30 Juli 2019

Dr. Radjiman siapakah beliau?

Dr. Radjiman siapakah beliau?



Tempel (KUA) Setiap keluarga besar kementerian Agama Sleman akan tahu bila ditanya dimana alamat kementerian agama Kab. Sleman, mereka akan menjawab di jalan Dr. Radjimin di Tridadi Sleman. Ketika membaca sekilas nama jalan tersebut maka kita akan bertanya-tanya siapakah Dr. Radjimin tersebut?apa sumbangsih beliau terhadap bangsa ini sehingga nama beliau melekat pada jalan tersebut?

Maka ketika ingatan kita kembali kepada pahlawan-pahlawan yang kita pelajari dari SD hingga SMA tidak satupun nama itu terlintas dibenak kita sedikitpun, bahkan pegawai pegawai di KUA Tempel sekalipun tidak ada satupun yang mengenal sosok tersebut. keadaan ini memicu keinginan untuk melacaknya di Goegle, tetapi lama kita mencari rata rata yang akan muncul nama Dr. Radjiman Widyadiningrat, tak satupun yang menyebut Dr. Radjimin, apakah ini nama yang sama atau orang yang berbeda?

Lalu siapakah Dr. Radjiman Widyadiningrat ini?
ternyata beliau adalah pahlawan yang pada Jumat (8/11/2013), oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wakil Presiden Boediono serta Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Herawati Boediono dianugrahi gelar Pahlawan Nasional juga kepada dua Pahlawan Nasional lainnya, yaitu Dr. Radjiman Wedyodiningrat, Lambertus Nicodemus Palar, dan Letjen (Purn) Tahi Bonar Simatupang.

Gelar pahlawan nasional bagi Radjiman Wedyodiningrat diterima Dr dr Retno Widiowati, sementara Lambertus Nicodemus Palar gelar pahlawan nasional diterima Meisi Palar Martowardojo, sedangkan gelar pahlawan nasional Letjen (Purn) Tahi Bonar Simatupang diterima Marsinta Hatigorang Simatupang.
Pemberian gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 68 TK 2013 yang ditandatangani Presiden RI pada 6 November 2013.
Dr Radjiman Wedyodiningrat mendapat gelar Pahlawan Nasional dengan pertimbangan peran yang sangat besar saat perdebatan pada rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia tentang dasar negara serta menyampaikan visi Indonesia Merdeka, meski Jepang masih berkuasa pada 1944. Ia juga ketua Budi Utomo sejak 1915 hingga 1923. ( sumber : jogja.antaranews.com/berita/317138)
Lalu apakah sama Beliau ini dengan Nama Jalan dimana Kementerian agama kab. Sleman beralamat?
yang jelas Dr. Radjiman adalah pahlawan kelahiran Yogyakarta dan masa remajanya berkhidmat kepada Dr. Wahidin dan Dr. Wahidin ini adalah pahlawan yang mashur asli orang Mlati kabupaten Sleman
wallohu a'lam
(arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar