Kamis, 19 April 2018

KUA dan IPHI Cabang Tempel selenggarakan Kegiatan Pra Manasik bagi Jama'ah Calon Haji tahun keberangkatan 2018 M / 1439 H


Tempel (KUA), KUA Tempel bekerja sama dengan IPHI cabang Tempel menyelenggarakan kegiatan pra manasik haji tahun 2018 M/1439 H di Aula Balai Nikah KUA Kecamatan Tempel. Kegiatan yang diprakarsai oleh IPHI Cabang dan Plt. Kepala KUA Tempel tersebut bertujuan sebagai wahana shilaturrahim dan ta'aruf antara Jama'ah Calon Haji Kecamatan Tempel tahun keberangkatan 2018 M/1439 H. Pada tahun 2018 ini jumlah Jama'ah Calon Haji dari Kecamatan Tempel berjumlah 48 orang, ditambah 1 orang cadangan.

Plt. Kepala KUA Tempel Sigit Purnomo, SH, MH, meberikan sambutan dalam Pembukaan pra manasik haji di Balai Nikah KUA Tempel didampingi Kasi PHU Kemenag Sleman, H. Ujang Sihabudin, S. Ag, MSI, Ketua IPHI cabang Tempel, Drs. KH. Mahmudi AF, M.Pd.I dan Ketua MUI Tempel KH. Abu Salim 'Aly

Pada pertemuan perdana yang dilaksanakan tanggal 02 Februari 2018 tersebut, disepakati kegiatan pra manasik haji akan dilaksanakan selama empat kali. Kegiatan tersebut juga melibatkan narasumber  dan bekerja sama dengan instansi terkait, diantaranya, Polsek Tempel, Koramil Tempel, Puskesmas Tempel, MUI dan IPHI cabang Tempel. Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, yang juga mantan Kepala KUA Tempel, H. Ujang Sihabudin, S.Ag, MSI, Ketua IPHI Cabang Tempel, Drs. KH. Mahmudi, AF, M.Pd.I, Ketua MUI Tempel, KH. Abu Salim 'Aly yang juga Pembimbing KBIH Ar Raudhah, didampingi Plt. Kepala KUA Kecamatan Tempel, Sigit Purnomo, SH, MH. Pada pertemuan pertama dari Jama'ah calon haji yang hadir 45 orang atau sekitar  90 % dadi keseluruhan jama'ah calon haji kecamatan Tempel.

Peserta pra manasik haji KUA Tempel sedang mendengarkan sambutan dari Plt. Kepala KUA Tempel

Kegiatan pra manasik pertama dilaksankan tanggal, 14 Februari 2018, dengan materi Psikologi Kepribadian dengan nara sumber AKP Wuryanto dari Polsek Tempel, dan Wawasan Kebangsaan dengan nara sumber Kapten Wajiyanan dari Koramil Tempel. Pelaksanaan hari kedua dilaksanakan, 21 Februari 2018, dengan materi Kesehatan Haji, nara sumber dari  Puskesmas Tempel 1, dilanjutkan materi Haji Wanita (Fiqh Al Nisaa') dengan nara sumber Hj. Suratinah Albani dari MTP IPHI cabang Tempel. 
Nara sumber dari Polsek Tempel, AKP Wuryanto dan Koramil Tempel Kapten Wajiyana sedang memberikan materi didampingi sekretaris IPHI Tempel, H. Gijanto, M.Pd

Pelaksanaan hari ke tiga dilaksanakan tanggal 28 Februari 2018, dengan materi Syarat, Rukun, Sunah dan Wajib Haji dengan nara sumber KH. Fathowi dari MUI Tempel dan materi Wukuf oleh KH. Abu Salim 'Aly dari KBIH Ar Raudhah yang juga Ketua MUI Tempel. Selanjutnya pertemuan ke empat dilaksnakan tanggal 7 Maret 2018, dengan materi Fiqh Haji dengan nara sumber KH. Drs. Mahmudi AF, M.Pd.I Ketua IPHI Cabang Tempel, dilanjutkan Resume Perjalanan Haji oleh H. Gijanto, M.Pd (Sekretaris IPHI Tempel) dan Dra. Hj. Sri Wahyuni dari MTP IPHI Tempel.

Para peserta kegiatan pra manasik memperhatikan materi yang disampaikan nara sumber

Secara umum keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar, di buktikan dengan prosentase kehadiran para peserta yang luamyan tinggi. Sementara untuk manasik yang dilaksanakan KUA menunggu jadwal dari Kemenag Sleman. (wm.kua.tpl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar