Senin, 03 Juli 2017

Manasik Haji KUA Kecamatan Tempel Tahun 2017 (Bagian 2)

Tempel (KUA), Pelaksanaan manasik haji KUA Tempel pada hari ke 3 menghadirkan nara sumber Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Hj. Silvia Rosetti, SE,MSI dengan materi proses perjalanan ibadah haji, beliau menjelaskan proses perjalanan mulai dari berangkat ke tanah suci sampai kembali ke tanah air. Pada Hari ke 4, menghadirkan nara sumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd.I, dengan materi Bimbingan Ibadah Umrah. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengucapkan selamat kepada jama'ah calon haji Kecamatan Tempel yang berangkat tahun ini, dan menghimbau kepada segenap peserta untuk dapat menggunakanwaktu sebaik-baiknya.
                                
Gambar 1. Kepala Kantor Kemenag Sleman, Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd.I memberikan materi
Gambar 2. Kasi PHU Kemenag Sleman, Hj. Silvia Rosetti, memberikan penjelasan proses perjalanan ibadah haji

Pada minggu ke-2, hari ke 5 & 6, pelaksanaan manasik haji menghadirkan nara sumber KH. Abu Salim Aliy, Ketua MUI Tempel dan Pembimbing KBIH Ar Raudhah, dalam materi hari ke 5 diberikan materi di dalam kelas, berkaitan tata cara pelaksanaan ibadah dilanjutkan pada hari ke 6 praktek lapangan bertempat di Halaman SD Negeri Klegung 2, dengan menggunakan miniatur Ka'bah, Maqom Ibrahim dan Hijir Ismail. Dalam praktek lapangan juga dipraktekkan Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdhalifah, Melempar Jumrah di Mina, Sa'i dan Thowaf di Masjidil Haram.


Gambar 1&2 : Jama'ah Calon Haji mengikuti Praktek Thawaf dipandu KH Abu Salim Aliy
Pada hari terakhir menghadirkan pemateri dari Puskesmas Tempel 2, yang di hadiri langsung oleh Kepala Puskesmas Tempel 2, dr. Desi Arijadi dengan materi pemeriksaan kesehatan lanjutan dan vaksinasi. Pada sesi terakhir dengan pemateri Kepala KUA Kecamatan Tempel, dengan materi Do'a do'a, sekaligus menutup rangkaian manasik haji tahun 2017.
Kepala KUA Tempel, H. Ujang Sihabudin, S.Ag, MSI memberikan materi terakhir, sekaligus menutup secara resmi Bimbingan Manasik Haji Kecamatan Tempel tahun 2017
Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2017 KUA Kecamatan Tempel Tahun 2017 secara umum berlangsung lancar, dengan kehadiran peserta rata-rata 95 % dari 42 jamaah calon Haji.(wm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar