Senin, 20 Mei 2019

Kemenpan RB Evaluasi Pelayanan Publik di KUA Kecamatan Tempel

Tempel (KUA), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Jakarta, Kamis, 16 Mei 2018 melakukan kunjungan lapangan ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempel berkaitan Pelayanan Publik di Satuan Kerja Kementerian Agama. Kunjungan ini merupakan kelanjutan survey pelayanan publik satuan kerja di Kementerian Agama sebelumnya tahun 2018. Pada saat itu KUA Tempel mengirimkan profil atau laporan evaluasi pelayanan publik yang dilaksanakan di KUA. Komponen yang di evaluasi adalah semua hal yang berkaitan pelayanan publik, Standar Operasional Pelayanan (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Maklumat Pelayanan, Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan, Sarana dan Prasarana pendukung pelayanan, inovasi pelayanan dan lain-lain.

Tim evaluasi diterima Kepala KUA di depan Front Office KUA Tempel

Rombongan dari Kemenpan RB terdiri dari dua orang yaitu, Bapak M Yusuf Kurniawan dan Ibu Rizki Amelia Ayuningtyas dan didampingi dari Kanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarat. Rombongan diterima oleh Kepala KUA Kecamatan Tempel, Sigit Purnomo, SH, MH didampingi Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Drs. H. Sugito, MSI beserta staf KUA dan beberapa staf Seksi Bimas Islam. Dalam sambutannya Kepala KUA Kecamatan Tempel mengucapkan selamat datang kepada tim, dan sekaligus sedikit mempresentasikan layanan publik di KUA Tempel seperti yang sudah dikirimkan ke Kemenpan RB sebelumnya. Selanjutnya beliau mempersilahkan kepada tim untuk melakukan survey pelayanan di KUA Tempel secara langsung.

Tim melakukan survei lansung di dampingi Kepala KUA dan Kasi Bimas Islam

Dengan didampingi langsung oleh Kepala KUA Tempel dan Kasi Bimas Islam, tim melakukan observasi lapangan berkaitan tiap item layanan. Selain meninjau langsung sarana dan prasarana, wawancara dengan pelaksana pemberi layanan, juga pemeriksaan berkaitan kelengkapan-kelengkapan administrasi pelayanan publik di KUA Tempel.
Tim meninjau sarana dan prasarana layanan KUA

Visitasi yang berlangsung sekitar dua jam tersebut diakhiri dengan pemberian notisi berupa berita acara hasil evaluasi survey pelayanan publik di KUA Tempel yang ditanda tangani oleh tim dari Kemenpan RB, Kepala KUA Tempel dan diketahui oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Sleman. Selanjutnya salinan hasil evaluasi langsung diserahkan kepada KUA Kecamatan Tempel yang diterima langsung oleh Kepala KUA untuk diarsipkan dan ditindak lanjuti. 

Tim foto bersama Kepala KUA, Kasi Bimas Islam dan staf KUA

Setelah serah terima berita acara selanjutnya foto bersama tim evalausi dan Kepala KUA beserta staf di depan KUA sebelum tim melanjutkan perjalanan. (whd.bimasislam.sleman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar