Rabu, 10 Mei 2017

Inovasi KUA Tempel Mampu Mengentaskan Kemiskinan


SLEMAN (info-jogja.com) – Tiga Inovasi unggulan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempel  menjadi salah satu materi penilaian dari tim KUA Teladan Tingkat DIY , Selasa (9/5/2017) siang.

Pada kesempatan itu Bupati Sleman Drs Sri Purnomo  hadir  menyambut Ketua Tim Penilai , Drs. H Masrudin yang didampingi  18 anggota dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) DIY .
Kepala KUA Tempel H Ujang Sihabudin
“Program pemberdayaan ketahanan ekonomi keluarga berbasis Masjid melalui  Kerjasama KUA dan Baznas Kabupaten Sleman mengentaskan dalam upaya pengentasan  kemiskinan menjadi salah satu inovasi program unggulan di KUA Tempel,” kata Kepala KUA Tempel H Ujang Sihabudin  S.Ag., MSI saat membeberkan materi di hadapan tim penilai.

Selain itu paparnya  , ada juga program tahfiz Alquran kolaborasi  KUA dan MTSN 2 Sleman  yang sudah berjalan dua tahun dan Suscatin atau  kursus calon pengantin  terintregrasi kerjasama KUA dan Rumah Sakit Sakinah Idaman dan Fakultas Ilmu Agama Islam  UII Yogyakarta.

“ Selain tiga yang diunggulkan, telah dicetuskan pula 20 inovasi layanan lainya. Dengan mengangkat   jargon KUA Melayani Lebih Dekat Kepada Umat diharapkan KUA Tempel menjadi yang terbaik ,” harapnya
Tim penilai
Ketua Tim penilai , Drs. H Masrudin, M.Pd.I yang saat ini juga menjabat Plt Kepala Kemenag DIY dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa utuk meraih predikat KUA Teladan dibutuhkan keunggulan sesuai tupoksi.

“ Untuk meraih juara KUA Teladan diperlukan inovasi unggulan dan adanya  manajeman sesuai tupoksi.  KUA saat ini dituntut makin melayani dengan prima,” jelasnya.

Diterangkannya, dalam menilai  KUA teladan ini diterapkan  komponen penilaian yang meliputi visi misi , prosedur pelayanan, sumber daya manusia (SDM) , sarana dan prasarana, pemahaman hukum pernikahan serta performa Kepala KUA.

Semua komponen di KUA Tempel dinilai
“ Selain visi misi dan komponen pendukung lainnya, akan kita nilai pula Kepala KUA berupa tes tertulis dan tes lisan dalam membaca kitab suci Kuning , “ jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Sleman Drs. H Sri Purnomo, MSI berharap dengan bergulirnya  program inovasi KUA  dapat membantu pula program pengentasan kemiskinan .“ KUA berperan sangat baik karena  akan  banyak manfaat degan adanya inovasi , dengan inovasi yang dicetuskan diharapkan ada  peningkatan ekonomi ummat, “ pesannya.

Penulis : Eko Purwono

(kua.tpl.wm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar