Senin, 20 Februari 2017

Cetuskan 22 Inovasi Unggulan , KUA Tempel Siap Berkompetisi Di Lomba KUA Teladan Tingkat DIY


KUA Kecamatan Tempel
SLEMAN (info-jogja.com) –  Mengusung jargon KUA Melayani Lebih Dekat Kepada Umat , Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempel melenggang pada lomba KUA teladan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui Surat Keputusan (SK)  Kepala Kantor Kemenag  Kabupaten Sleman yang dilayangkan pada 10 Januari 2017 pastikan KUA Tempel  akan  ikut  berkompetisi nanti.

“ Kita telah menerima SK Kepala Kemenag Sleman pada 10 Jaunari 2017 untuk maju di lomba KUA tingkat DIY ,   semua sudah kita  persiapkan untuk berkompetisi nanti , “  sebut Kepala KUA Tempel H.Ujang Sihabudin, S.Ag, MSI kepada info-jogja.com , Selasa (17/1/2017). 

Bicara Standar Pelayanan Minimal ( SPM)  di KUA telah diaplikasikan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi.

“ Sudah kita terapkan beberapa aplikasi sistem TI diantaranya Sistem Informasi Manajeman Nikah (Simkah) sesuai standar ,Sistem Informasi Wakaf (Siwak), Sistem Informasi Manajeman Bimas Islam (Simbi),  Sizak dan Simas,” tambahnya.

Pihaknya meminta dukungan dari warga masyarakat untuk menjadi yang terbaik dalam upaya pelayanan optimal kepada masyarakat .” Mohon doa restu dari warga Sleman khususnya, semoga KUA Tempel bisa memberikan yang terbaik , “ pinta dia.

Selain itu dalam mempersiapkan kompetisi ini , KUA Kecamatan Tempel telah menciptakan 22   program Inovasi dan semuanya telah direalisasikan.

Berbagai inovasi yang  telah digagas diantaranya :  progran pemberdayaan ketahanan ekonomi keluarga berbasis Masjid hasil    kerjasama KUA dan Baznas Kabupaten Sleman, deklarasi  stop pernikahan dini, stop hamil sebelum nikah dan stop KDRT (Stop 3S), Tahfiz kolaborasi  KUA dan MTSN Tempel, Deklarasi GSSB (Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah) kerjasama KUA dan Masjid Alwaqof  desa Lumbungrejo.

Lalu ,pernikahan hijau lestari berbasis Masjid dan Sekolah, interkoneksi Program Bina remaja dan keluarga, pembinaan kelompok seni dan budaya kearifan lokal, Sosialisasi bahaya Vandalisme di lingkungan pesantren  kerjasama dengan Pemda Sleman, Saresehan kerukunan umat beragama dengan  FKUB Kabupaten Sleman, Pembinaan UKM dan Sosialisasi Prohal mengandeng  MUI Kabupaten Sleman.

Pelatihan Hisab Rukyat kerjasama dengan  LFNU Kabupaten Sleman, Pelatihan dan Pembinaan Satgas 3S  KUA dan LSM Shalter Khadijah , Pembinaan Nadhir Wakaf bersama  BWI Kabupaten Sleman, pelatihan dan pembinaan Imam Khatib bersama LP2M UIN Sunan Kalijaga.

Ada lagi pelatihan dan pembinaan Ustadz Ustazdah TPA melalui kerjasama dengan Badko Sleman,  pelatihan pangrupti loyo bagi guru PAI Se –Kecamatan Tempel kerjasama KUA - UPT Yandik, Penasihatan berintegrasi dengan  RS Sakina Idaman.

Pembinaan Hafidz dan Hafidzah se- Kecamatan Tempel dan Semaan Alquran,  Pembinaan Lembaga Keagamaan MUI,IPHI,DMI,LPTQ, UPZ, BP4 dan Ormas, Pembinaan PAH, Pembinaan DBKS dan Sinergitas program KUA dan desa se-Kecamatan Tempel. (sw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar