Senin, 20 Februari 2017

Lebih Dekat Melayani Umat , KUA Tempel Latih Imam Dan Khatib Pemula


Kepala KUA Tempel, Ujang Sihabuddin , S.Ag.
SLEMAN (info-jogja.com) – Tak henti ciptakan inovasi layanan optimal kepada   masyarakat  , selaras pula  dengan tema Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-71 yakni  “Lebih Dekat Melayani Umat” itulah yang selalu dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA)  Tempel.

Kali ini  merangkul Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, KUA Tempel  menyelenggarakan pelatihan imam dan khatib se-Kecamatan Tempel di Masjid Jalakan Sumberejo , Minggu (8/1/2017).

Khatib dituntut  lebih siap dalam menyampaikan pesan agama saat berada di mimbar kotbah melalui materi yang disesuaikan  dengan   kondisi  kekinian.

“ Sebagai upaya  lebih mendekatkan  dalam melayani umat , KUA Tempel gelar pelatihan imam dan khatib pemula , kali ini kita libatkan LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang,” jelas Kepala KUA Tempel, Ujang Sihabuddin , S.Ag.

 Lanjut Ujang yang juga  salah satu narasumber, menekankan pentingnya kesiapan materi ceramah bagi khatib.

“Setelah mengikuti kegiatan ini peserta akan memperoleh tambahan  wawasan, sehingga khatib lebih siap dalam menyampaikan pesan agama dalam berceramah, selain itu materi yang disampaikan relevan dengan kondisi kekinian agar lebih lebih menarik, “ beber dia.

Sementara  Ketua LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr Al Makin , MA   berharap melalui kegiatan ini dapat  menjembatani dan mendorong para iman dan khatib lebih optimal dalam menyampaikan pesan islam.

“ Para khatib adalah garda depan dalam penyampaian pesan agama, mereka  kita dorong agar lebih optimal   dalam tugas menyampaikan pesan keagamaan, pesan   Islam rahmatan lil alamin, dapat  menjaga modernisasi dan selalu menciptakan  kedamaian demi kesatuan NKRI,” jelasnya.

Peserta  dibekali materi mengenai  imam menurut tuntunan Syari’at Islam dan praktek dari dosen Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga  Abdul Munghits , M. Ag  dan khatib menurut tuntunan Syari’at Islam oleh Dr Mardjoko Idris MA  ,dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (sw)

Penulis : Eko Purwono

Sumber : http://www.info-jogja.com/2017/01/lebih-dekat-melayani-umat-kua-tempel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar