Jumat, 17 Februari 2017

Pangrukti Loyo Perlu Dikenalkan Kepada Anak


Saat pembukaan Pelatihan Pangrukti Loyo
SLEMAN (info-jogja.com) – Sejumlah guru  mengikuti Pelatihan Pangrukti Loyo dengan materi Pangrukti Loyo Dalam Prespektif Hukum Islam dan Kesehatan di Aula UPT Yandik  Kecamatan Tempel, Rabu ( 21/12/2016).

Kegiatan yang digagas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempel  dan UPT Yandik Kecamatan Tempel ini diikuti guru  PAI  tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau SD. Selain itu dilibatkan pula Puskesmas Tempel II.

“KUA Tempel dengan UPT Yandik Kecamatan Tempel kali ini menggelar Pelatihan Pangrukti Loyo, pesertanya para guru PAI setingkat MI , tujuan acara ini dalam rangka sinergitas KUA dan para guru , selain itu untuk memberikan pemahaman tentang Pangrukti Loyo agar bisa ditransfer kepada peserta didik sebagai bahan pelajaran agama, “ jelas Kepala KUA Tempel .H.Ujang Sihabudin, S.Ag, MSI kepada wartawan , Rabu (21/12).

Menurutnya materi medis dan hukum islam  berkaitan dengan hal itu sangat penting. “Materi medis sangat di butuhkan mengingat mayat yang dirawat itu kadang dia bisa saja memiliki  penyakit menular sehingga tidak  cukup  dengan aspek syar'i saja akan tetapi harus ada penanganan khusus, “ tambah dia.

Kedepan imbuh Ujang,  akan kita bangun senergi yg lebih luas lagi. “ Kedepan  akan kita libatkan   penyuluh agama fungsional maupun honorer,” pungkasnya.

Ditambahkan Camat Tempel , Wildan Solichin, S.IP, MT  dirinya mengapresiasi acara ini dan berharap ada kaderisasi dalam Pangrukti Loyo. “ Dengan acara ini diharapkan anak-anak paham dalah hal perawatan jenazah, tidak selalu dibebankan kepada rois, “ pinta dia.

Dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan tersebut ,  H Jadiyo S. Ag dari KUA Tempel  dan Puskesmas Tempel II yang diwakili Heri Purnama. (sw)

Penulis : Eko Purwono

Sumber : http://www.info-jogja.com/2016/12/pangrukti-loyo-perlu-dikenalkan-kepada.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar