Selasa, 14 Februari 2017

KUA Gandeng LFNU Pahami Metode Hisab Rukyat



Penjelasan Metode Hisab Rukyat oleh Abdul Mughits 
SLEMAN (info-jogja.com) - Dalam rangka sinergitas program Kantor Urusan Agama (KUA) di bidang Hisab Rukyat. KUA gandeng  Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Cabang Sleman selenggarakan pelatihan dan pembinaan Hisab Rukyat di Masjid Masjid Al Huda, Padukuhan Bibis, Lumbungrejo Tempel Sleman,  Jumat (21/10/2016).

"Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan  dan wawasan kepada masyarakat  mengenai metode hisab rukyat, kali ini kita lakukan kerjasama dengan LFNU Cabang Sleman . Peserta yang diundang merupakan tokoh masyarakat, takmir masjid dan takmir mushola," jelas Kepala KUA Tempel , H Ujang Sihabudin S Ag MSI kepada info-jogja.com disela acara itu.

Diterangkan pula oleh Ketua LFNU Cabang Sleman,  Abdul Mughits,  S.Ag , M. Ag dalam paparan materinya bahwa hisab rukyat penting untuk diketahui masyarakat . " Dengan pemahaman mengenai metode hisab rukyat diharapkan masyarakat  menjadi faham,  terhindar dari konflik karena perbedaan pendapat sehingga tidak ada pihak yang saling menyalahkan saat terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadan dan Idul Fitri, "terangnya.

Ditambahkan Abdul Mughits yang juga Dosen di UIN Sunan Kalijaga ini menyebut bahwa metode ini berguna juga untuk penentuan arah kiblat dan waktu sholat. " Metode ini bermanfaat pula dalam penentuan arah kiblat dan waktu  sholat secara tepat, "tambahnya. (sw)

 Penulis : Eko Purwono

Sumber : http://www.info-jogja.com/2016/10/kua-gandeng-lfnu-pahami-metode-hisab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar